METODE IBRAH DAN MAW’IZAH
Menilik Aktualisasi Pembelajaran PAI di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v3i1.42Keywords:
Metode ibrah, metode maw’izah, pembelajaran PAIAbstract
Metode ibrah-maw’izah sering kali disebut dengan istilah metode nasehat yakni suatu metode pendidikan dan juga pengajaran dengan cara pendidik memberikan motivasi. Metode ibrah-maw’izah sangat efektif dalam proses pembentukan aqidah dan akhlaq, serta memotivasinya untuk bersikap luhur, dan membekali dengan prinsip dan nilai-nilai Islam. Menurut al-Qur’an, metode nasehat diberikan kepada mereka yang telah melanggar ketentuan dan peraturan dalam arti ketika suatu kebenaran telah sampai kepadanya, mereka seolah-olah tidak mau tau akan kebenaran tersebut terlebih lagi melaksanakannya. Metode ibrah-maw’izah merupakan suatu metode penyampaian pada materi pembelajaran PAI melalui sebuah proses tutur kata yang berisi tentang nasehat dan peringatan baik buruknya suatu perkara. Selanjutnya, kesimpulan dari penelitian ini terkait metode ibrah-maw’izah adalah: Pertama; diantara pendekatan yang ditempuh oleh guru, yaitu dengan memakai pendekatan rasional, pendekatan langsung, dan pendekatan tidak langsung. Kedua; metode ibrah-maw’izah diterapkan dengan metode pembelajaran berupa nasehat yang baik, bi al-mauizhah al-hasanah, bahasa dan makna simbol, alamat, tanda, janji, penuntun, petunjuk, serta dalil-dalil yang memuaskan melalui ucapan lembut penuh kasih sayang, kelembutan hati yang mampu menyentuh jiwa peserta didik. Ketiga; menumbuhkan ketaatan pada perintah Allah melalui pengamalan ibadah kepada anak didik di lingkungan keluarga dan juga pemberian nasehat bagi mereka yang tidak memiliki kepribadian baik.
Downloads
References
Ahmadi, Abu, Metodik Khusus Pendidikan Agama (Bandung: CV. Armico, 1986).
An-Nahlawi, Abdurrahman, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam (Bandung: CV. Diponogoro, 1992).
Arifin, H. M. Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).
Arifin, H. M., Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Depag, Terjemah Al-Qur’an (Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an, 1980).
Depdikbud, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 1997).
Muchtar, Heri Jauhari, Fiqih Pendidikan (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005).
Mujib, Abdul, dan Yusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2006).
N.K., Roestiyah, Didaktik Metodik (Bandung: Bumi Aksara, 1994).
Ramayulis, H., Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia 2006).
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar dan Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995).
Surakhmad, Winarno, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar dan Teknik Metodologi Pengajaran (Bandung: Tarsito, 1994).
Suwito, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2005).
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an (Bandung: Alfabeta, 2009).
Tafsir, Ahmad, Metodologi Agama Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 rofiq kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel di Tsaqofah : Jurnal Pendidikan Islam adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar.
Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.