POLITIK PENDIDIKAN NIZAM AL-MULK: Kajian Sosial-Politik Tentang Madrasah Nizhamiyah

Authors

  • Rofiq Kurniawan STIT Al-Ishlah Bondowo

Abstract

Institusi pendidikan Islam selalu mengalami perkembangan selaras dengan kebutuhan dan perubahan masyarakat. Perkembangan masyarakat ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan kebutuhan untuk mendakwahkan Islam. Abad ke-5 Hijriyah, pada saat berdirinya madrasah, perkembangan keilmuan masyarakat khususnya muslim dapat dikatakan telah mencapai tahapan sempurna, karena hampir seluruh ilmu baik al-ulum an-naqliyah maupun al-ulum al-aqliyah telah disusun dan disistematisasikan. Kondisi demikian seharusnya terrefleksikan dalam usaha pendidikan umat. Akan tetapi karena kepentingan politik pemerintah yang menjadikan pendidikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan-tujuannya, maka materi pelajaran di madrasah sangat sarat dengan muatan politik atau tujuan-tujuan sektarian. Ideologisasi materi pelajaran pada madrasah juga berimbas kepada metode pembelajaran yang cenderung tertutup dan bersifat indoktrinasi, sehingga tidak memberikan ruang untuk pengembangan cara berfikir yang kritis dan bebas. Dengan menggunakan pendekatan sosial-politik, studi ini berusaha menelusuri kelahiran madrasah Nizhamiyah yang dilatari multi-motivasi. Dengan dewan gurunya yang bermadzhab Syafi'i, madrasah Nizhamiyah dipandang sebagai perwujudan kejayaan gerakan teologis-dogmatik yang bergandengan dengan madzhab Sunni untuk mengimbangi dominasi dari paham Mu’tazilah-Hambali serta dominasi Syi’ah. Sehingga mata kajian yang ditempuh bercorak pemahaman Asy’ariyah dan fiqh-oriented. Ranah “intelektualisme” hilang didalam proses pendidikan madrasah ini. Namun, Nizhamiyah tetap dipahami sebagai lembaga pendidikan Islam terpenting dan menjadi model dalam kajian sejarah sosial pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, Armai, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik (Bandung: Angkasa, 2004).

Asari, Hasan, Menyingkap Zaman Keemasan Islam (Bandung: Mizan,1994).

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

Dalimunthe, Fakhrur Rozy, Sejarah Pendidikan Islam: Latar Belakang, Analisa dan Pemikirannya (Medan: Rimbow, 1986).

Hodgson, Marsal G., The Venture of Islam: Jilid II (Chicago: University of Chicago Press, 1974).

Idi, Abullah, dan Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006).

Makdisi, George, The Rise of Colleges: Institution of Learning in Islam and the West (Edinburgh: Edinburgh University Press, 1981).

Maksum, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

Mas'ud, Adurrahman, Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik: Humanisme Relegius sebagai Paradigma Pendidikan Islam (Yogyakarta: Gama Media, 2002).

Nakosteen, Mehdi, Kontribusi Islam Atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam, terj: Joko S.Kahhar dan Supriyanto Abdullah (Yogyakarta: Risalah Gusti, 2003).

Pardi, Habib Husnial, Sejarah Sosial Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2005).

Sabine, G. B., Teori-teori Politik: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya, terj: Soewarno Hadiatmodjo, (Jakarta: Bina Cipta, 1977).

Saleh, Fauzan, Teologi Pembaharuan: Pergeseran Wacana Islam Sunni di Indonesia Abad XX (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2004).

Sharif, M. M., Alam Pemikiran Islam: Peranan Umat Islam dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, terj: Fachruddin, (Bandung: Diponegoro, 1979).

Stanton, Charles Michael, Pendidikan Tinggi dalam Islam: Sejarah dan Peranannya dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan, terj: Afandi dan Hasan Asari, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1994).

Syalabi, Ahmad, al-Tarbiyyah al Islâmiyyah: Nuzhûmuhâ, Falsafatuhâ, Târîkhuhâ (Kairo: Maktabah al-Nahdlah al-Misriyyah, 1990).

, Sejarah Pendidikan Islam, terj: H. Muchtar Yahya dan M. Sanusi Latief, (Jakarta: Bulan Bintang, 1973).

Tibawi, A. L., Islamic Education: Its Tradition and Modernization into the Arab National System (London: Luzac and Company Ltd, 1979).

Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002).

Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 1992).

Downloads

Published

2021-02-07

How to Cite

Kurniawan, R. (2021). POLITIK PENDIDIKAN NIZAM AL-MULK: Kajian Sosial-Politik Tentang Madrasah Nizhamiyah. Tsaqofah : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–20. Retrieved from https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/6