AKHLAK DALAM SURAT AN-NAHL AYAT 12-14 Studi Tafsir Al-Azhar Karya Prof. Dr. Hamka

Authors

  • Rofiq Kurniawan STIT Al-Ishlah Bondowoso
  • Yudi Ardian Rahman STIT Al-Ishlah Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v5i2.79

Keywords:

Konsep Akhlak, Tafsir Al-Azhar, Prof. Dr. Hamka

Abstract

Hamka lahir di Sungai Batang Maninjau Provinsi Sumatera Barat tanggal 17 Februari 1908 Masehi/14 Muharram 1326 Hijriah. Namanya Abdul Malik, tapi lebih dikenal dengan Hamka, yaitu potongan dari nama lengkapnya, Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah. Karya berupa Tafsir Al-Azhar berasal dari hasil dari kuliah Subuh yang disampaikan oleh Hamka di Masjid Agung Al-Azhar, sejak 1959. Hamka menulis Tafsir Al-Azhar tiap pagi waktu subuh sejak akhir tahun 1958, namun pada Januari 1964 belum juga tamat. Diberi nama Tafsir Al-Azhar , sebab tafsir ini timbul didalam Masjid Agung Al-Azhar, yang nama itu diberikan oleh Syaikh Jami’ Al-Azhar, yakni Mahmoud Syaltout. Kesimpulan dari hasil kajian Tafsir Al-Azhar karangan Prof. Dr. Hamka terkait dengan kajian Surat An Nahl ayat 12-14 yaitu bahwa surat An-Nahl mengandung keterangan tentang sifat-sifat orang musyrikin, dan tingkah laku mereka, serta tantangan mereka terhadap kebenaran hari kiamat dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, kemudian Allah menyebutkan peringatan-peringatan-Nya kepada mereka dan azab yang mereka alami sebagai akibat sifat perbuatan mereka. Dalam surat ini, Allah menunjukkan bukti-bukti ke Esaan-Nya seraya memaparkan nikmat-nikmat yang diberikan-Nya kepada hamba-hamba-Nya. Dan surat ini memuat juga hukum-hukum dan ajaran-ajaran tentang akhlak.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marhumah, Ema dan Khuluq, Lathiful. (2003). Rekonstruksi Metodologis Wacana Kesetaraan Gender dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamka. (1990). Kenang-Kenangan Hidup. Jakarta: Bulan Bintang.

. (1983). Tafsir Al-Azhar Juzu XIII-XIV. Jakarta: Panjimas.

Federspiel, Howard M. (1996). Popular Indonesian Literature of the Qur’an. Bandung: Mizan.

Yusuf, M. Yunan. (2003). Corak Pemikiran Kalam Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Penamadani.

Tamara, Nasir. (1996). Hamka di Mata Hati Umat. Jakarta: Sinar Harapan.

Dzuhayatin, Siti Ruhaini. (2002). Rekonstruksi Metodologis Wacana Kesetaraan Gender dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2021-07-12

How to Cite

Kurniawan, R., & Rahman, Y. A. (2021). AKHLAK DALAM SURAT AN-NAHL AYAT 12-14 Studi Tafsir Al-Azhar Karya Prof. Dr. Hamka. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2). https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v5i2.79

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>