TEORI BELAJAR KOGNITIF Membedah Psikologi Belajar Jean Piaget

Authors

  • Yudi Ardian Rahman STIT Al-Ishlah Bondowoso
  • Rofiq Rahman STIT Al-Ishlah Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v3i2.78

Keywords:

Belajar, pembelajaran, psikologi, pengetahuan, teori kognitif

Abstract

Istilah cognitive berasal dari istilah cognition yang padanannya yakni knowing, berarti mengetahui. Dalam arti luas, cognition adalah perolehan, penataan dan penggunaan. Perkembangan teori belajar kognitif merupakan perubahan kemampuan berpikir atau intelektual. Program pengajaran di sekolah yang baik adalah yang mampu memberikan dukungan besar kepada siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangan mereka Dalam arti lain terkait perkembangan kognitif bagi proses belajar siswa itu ada tiga, yaitu: 1) Mengembangkan kecakapan kognitif, 2). Mengembangkan kecakapan afektif, 3). Mengembangkan kecakapan psikomotor. Perkembangan diri anak itu sendiri yang memainkan peran aktif dalam perkembangan anak; meski keluarga, sistem pendidikan, dan teman main dari anak tersebut secara nyata mampu mempengaruhi perkembangan anak, namun anak membuat sendiri perasaan dunianya. Untuk mampu mengendalikan lingkungan, kita telah banyak belajar untuk menduganya, dan supaya kita juga mampu melakukannya, kita telah memilih pola-pola yang terandalkan yang paling awal berupa ketetapan-ketetapan didalam kejadian yang akan banyak mempengaruhi kita. Dengan demikian, maka kita telah banyak belajar untuk mampu menggambarkan situasi-kondisi dan mengorganisasikan pengalaman-penglaman kita kita secara internal.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu, dan Widodo Supriono. (1998). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anni, Catarina Tri. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Bell, Margaret. (1991). Belajar dan Membelajarkan: Seri Pustaka Teknologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayes, Malcolm Hardy Steve. (1988). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Howard S., Fredman, & Miriam W. Schustack. (2006). Kepribadian. Jakarta: Erlangga.

Kartini, Kartono. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Mulyati, E. (2007). Pengantar Psikologi Belajar. Jogjakarta: Quality Publising.

Purwanto, M. Ngalin. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusyan, Tabrani. (1992). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remadja Rosda karya.

Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S. (1989). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Downloads

Published

2019-08-11

How to Cite

Rahman, Y. A., & Rahman, R. (2019). TEORI BELAJAR KOGNITIF Membedah Psikologi Belajar Jean Piaget. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v3i2.78

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>