TEORI BELAJAR KOGNITIF Membedah Psikologi Belajar Jean Piaget
DOI:
https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v3i2.78Keywords:
Belajar, pembelajaran, psikologi, pengetahuan, teori kognitifAbstract
Istilah cognitive berasal dari istilah cognition yang padanannya yakni knowing, berarti mengetahui. Dalam arti luas, cognition adalah perolehan, penataan dan penggunaan. Perkembangan teori belajar kognitif merupakan perubahan kemampuan berpikir atau intelektual. Program pengajaran di sekolah yang baik adalah yang mampu memberikan dukungan besar kepada siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangan mereka Dalam arti lain terkait perkembangan kognitif bagi proses belajar siswa itu ada tiga, yaitu: 1) Mengembangkan kecakapan kognitif, 2). Mengembangkan kecakapan afektif, 3). Mengembangkan kecakapan psikomotor. Perkembangan diri anak itu sendiri yang memainkan peran aktif dalam perkembangan anak; meski keluarga, sistem pendidikan, dan teman main dari anak tersebut secara nyata mampu mempengaruhi perkembangan anak, namun anak membuat sendiri perasaan dunianya. Untuk mampu mengendalikan lingkungan, kita telah banyak belajar untuk menduganya, dan supaya kita juga mampu melakukannya, kita telah memilih pola-pola yang terandalkan yang paling awal berupa ketetapan-ketetapan didalam kejadian yang akan banyak mempengaruhi kita. Dengan demikian, maka kita telah banyak belajar untuk mampu menggambarkan situasi-kondisi dan mengorganisasikan pengalaman-penglaman kita kita secara internal.
Downloads
References
Ahmadi, Abu, dan Widodo Supriono. (1998). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Anni, Catarina Tri. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Bell, Margaret. (1991). Belajar dan Membelajarkan: Seri Pustaka Teknologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayes, Malcolm Hardy Steve. (1988). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Howard S., Fredman, & Miriam W. Schustack. (2006). Kepribadian. Jakarta: Erlangga.
Kartini, Kartono. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.
Mulyati, E. (2007). Pengantar Psikologi Belajar. Jogjakarta: Quality Publising.
Purwanto, M. Ngalin. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusyan, Tabrani. (1992). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remadja Rosda karya.
Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Winkel, W.S. (1989). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yudi Ardian Rahman, Rofiq Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel di Tsaqofah : Jurnal Pendidikan Islam adalah artikel Akses Terbuka yang diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA Lisensi ini mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun untuk tujuan non-komersial saja, asalkan karya dan sumber aslinya dikutip dengan benar.
Setiap turunan dari aslinya harus didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.