IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH ASHRI JEMBER

Authors

  • Laila Usriyah https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id

Abstract

Pandemi covid-19 rupanya tak kunjung membaik hingga memasuki tahun ajaran baru 2021/2022, bahkan saat ini diterapkannya PPKM sampai tiga kali perpanjangan. Namun sudah terlihat banyak perubahan yang dilakukan di bidang pendidikan sebagai upaya penyesuaian antara kurikulum dan pembelajaran dengan kondisi saat ini. Madrasah Tsanawiyah ASHRI merupakan salah satu lembaga yang menerapkan Kurikulum darurat sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 2791 tahun 2000 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian adalah:  1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kurikulum Darurat di Madrasah Tsanawiyah ASHRI?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kurikulum Darurat di Madrasah Madrasah Tsanawiyah ASHRI?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran  kurikulum Darurat di Madrasah Tsanawiyah ASHRI?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kurikulum Darurat di Madrasah Tsanawiyah ASHRI. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kurikulum darurat  di Madrasah Tsanawiyah ASHRI. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kurikulum Darurat di Madrasah Tsanawiyah ASHRI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif dengan model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu: kondensasi, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan pembelajaran kurikulum darurat di Madrasah Tsanawiyah ASHRI membuat perangkat pembelajaran berupa Kalender Pendidikan, RPE, Prota, Promes, Silabus, dan RPP masa darurat. Dalam pembuatan perangkat pembelajaran ada guru yang membuat perangkat pembelajaran secara individu dan ada yang dengan bersama KKG (Kelompok Kerja Guru). (2) Pelaksanaan pembelajaran kurikulum darurat di Madrasah Tsanawiyah ASHRI memiliki 3 kegiatan yaitu, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan diawali dengan memberikan apersepsi, memberikan stimulus/motivasi, menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran. Pada kegiatan inti guru telah melakukan kegiatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi/mengumpulkan, dan mengkomunikasikan. Pada kegiatan penutup dilakukan dengan membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari, merefleksikan materi yang diajarkan, dan memberikan tindak lanjut berupa penugasan. (3) Evaluasi pembelajaran kurikulum darurat di Madrasah Tsanawiyah ASHRI menggunakan model penilaian autentik yang meliputi 3 aspek yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadlilah. 2013, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran MI/SD. Jakarta: Ar Ruzz Media.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja

Mulyasa, E. 2017. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press Rosdajarya

Panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah 2020

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMP-MTs.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan Pembelajaran dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sunarti dan Rahmawati, Selly. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013: Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Downloads

Published

2000-02-09

How to Cite

Usriyah, L. (2000). IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH ASHRI JEMBER. Tsaqofah : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–17. Retrieved from https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/5