PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING di SD DARUSSALAM KARANGDORO

Authors

  • Muhammad Junaidi IAIN Jember
  • Qorinil Qur’ani

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Darussalam Karangdoro yang bertujuan untuk menjawab permasalahan, 1) Bagaimana tingkat pendidikan dasar orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro terhadap rata-rata hasil belajar siswa? 2) Bagaimana tingkat pendidikan menengah orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro terhadap rata-rata hasil belajar siswa? 3) Bagaimana tingkat pendidikan tinggi orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro terhadap rata-rata hasil belajar siswa? 4) Adakah pengaruh pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi covid 19 siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survey, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik One Way Anava dengan taraf signifikansi level sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Tingkat Pendidikan dasar orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro dari 24 responden bepengaruh terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 46,17% masuk kategori cukup tinggi 2) Tingkat Pendidikan menengah orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro dari 19 responden bepengaruh terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 54,79% masuk kategori cukup tinggi. 3) Tingkat Pendidikan Tinggi orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro dari 29 responden bepengaruh terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,32% masuk kategori tinggi 4) Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis dengan uji statistic anova, diperoleh nilai P Value = 0.000, dengan demikian taraf nyata =0.05 kita menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua berpengaruh pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring.

 

Kata kunci: Tingkat Pendidikan, Hasil Belajar Daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adit, Albertus. Hasil Survei: Berikut 3 Masalah Orang Tua Dampingi Anak BDR, November 15 2020.

Andrayani, Anik. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan Kabupaten Blora Tahun Pelajran 2016/2017, Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2017.

Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Method, Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.

Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahanya, Bandung: CV. Diponegoro, 2012.

Nugraha, Mohammad Fahmi. Budi Hendrawan, Anggia Suci Pratiwi, Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jawa Barat: Edu Publisher, 2020.

Observasi di SD Darussalam Karangdoro, 09 Desember 2020.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Jawa tengah: CV Sarnu Untung, 2020.

Sekertariat Negara Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1.

Siregar, Syofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Syahputra, Edy. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar, Sukabumi: Haura, 2020.

Umah, Faridatul. Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas IV Dan V MIN 1 Gresik Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.

Zen, Syafril, Zelhendri. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2020.

Downloads

Published

2020-02-18

How to Cite

Junaidi, M., & Qur’ani, Q. . (2020). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING di SD DARUSSALAM KARANGDORO. Tsaqofah : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 28–40. Retrieved from https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/1