POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR BERKARAKTER RELIGIUS DI DUSUN UTARA SUNGAI DADAPAN GRUJUGAN BONDOWOSO

Authors

  • Bagus Ahmad https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.58883/jurmalah.v1i1.53

Keywords:

komunikasi keluarga, pendidikan anak, karakter religus

Abstract

Orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya. Karena orang tualah yang pertama kali melakukan kegiatan pendidikan untuk memberikan pengaruh positif maupun negatif, bahkan semenjak dalam kandungan. Sebagai kolega yang sederajat, hendaknya ibu dan bapak santun kepada anak. Kata-kata bernada positif yang dibarengi pandangan mata hangat dan penuh kasih sayang akan memberikan sinyal positif bagi anak.Salah satu keinginan dan cita cita setiap orang tua adalah bahwa anak bisa didik sehinga memiliki karakter religius. Sehingga anak bukan hanya percaya kepada yang ghaib dan melaksanakan ibadah, namun tampak dalam keseluruhan tingkah lakunya keutuhan manusia berbudi luhur (berakhlak karimah), atas dasar percaya atau iman kepada Allah dan tanggung jawab pribadi di hari kemudian.Salah satu hal yang sangat penting dalam mendidik anak adalah komunikasi. Komunikasi yang baik sangat menentukan pendidikan anak.orang tua sebaiknya dapat membangun sebuah komunikasi yang baik dan tepat dalam mendidik dan berinteraksi dengan anak.

 

Kata kunci: komunikasi keluarga, pendidikan anak, karakter religus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulah, Ridwan dan Muhamad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Bahri Djamrah , Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga (Sebuah Perspektif Pendidikan Islam). Jakarta, PT RINEKA CIPTA.

Haitami, Salim, Moh. 2013 Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter .Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Isnanto, Totok. Mengasuh Anak Dengan Bijak. 2011. Kementrian Pendidikan Nasional.

Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam.Jakarta: Amzah.

Mufid, Muhamad. 2005. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta : Prenada Media.

Muhadi, Yunanto. 2016. Sudah Benarkah Cara Kita Mendidik Anak.Yogyakarta: Diva Press.

Pusungulaa, Alfon dkk.Pola Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak Di Kelurahan Beo Talaud. (e-journal “Acta Diurna”Volume IV.No.5.Tahun 2015).

Saktiani, Salmadina, 2017 “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Sikap Religius Anak Di Rumah,” (Skripsi, IAIN, Ponorogo,).

Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-quran. Jakarta : PT RajaGrafisindo Persada.

Trismayani, Titi. 2017 “Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-nilai Agama Kepada Anak,” (Skripsi, UIN Imam Bonjol Padang).

Wahab, Rohmalina. Psikologi Agama (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015).

Downloads

Published

2021-02-12

How to Cite

Ahmad, B. (2021). POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR BERKARAKTER RELIGIUS DI DUSUN UTARA SUNGAI DADAPAN GRUJUGAN BONDOWOSO. Jurnal Mahasiswa Al-Ishlah, 1(1). https://doi.org/10.58883/jurmalah.v1i1.53