PENILAIAN HASIL BELAJAR DI MDTA DARUL HADHARAH

Authors

  • Bagus Ahmad https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id

Keywords:

penilaian, hasil belajar, madrasah diniyah

Abstract

Di dalam sistem pendidikan ada beberapa elemen salah satunya yaitu evaluasi atau penilaian. Penilaian merupakan salah satu komponen atau tahapan penting guna mengetahui perkembangan anak didik. Selain itu, hasil yang diperoleh dari suatu penilaian dapat dijadikan feedback bagi guru dalam menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Melihat akan pentingnya penilaian oleh karena itu penilaian baik di sekolah formal maupun non formal harus tersistem dengan baik. Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mendeskripsikan   dan   menganalisis penilaian  hasil  belajar  di  Madrasah Diniyah Darul Hadharah, Desa Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso dari sisi persiapan, pelaksanaan serta pelaporan hasil penilaian.Jenis penelitian  yang digunakan  dalam penelitian ini  adalah  penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan sebuah upaya pengolahan data menjadi sebuah hasil yang dapat dijelaskan dengan tepat yang bertujuan agar dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak mengalaminya secara langsung. Sedangkan pendekatan  penelitian adalah  pendekatan  kualitatif. metode  pengumpulan  data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (Recduction Drawing), penyajian data (Data Display), dan verifikasi data (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukan bawah penilaian di Madrasah Diniyah Darul Hadharah, Desa Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso seperti halnya penilaian di pendidikan formal. Penilaian di Madrasah Diniyah Darul Hadharah, Desa Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso menggunakan dua jenis penilaian yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif. Penilaian ini melalui beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan serta tahap pelaporan hasil penilaian. Aspek yang di nilai yaitu aspek kognitif afektif dan psikomotor.

 

KataKunci: penilaian, hasil belajar, madrasah diniyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Adib, N. (2019). Kebijakan Tentang Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal: Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Tahun 2011-2015. Sustainable, 2(1), 23–45. https://doi.org/10.32923/KJMP.V2I1.980

Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi ... - Solichin Abdul Wahab - Google Buku. (n.d.). Retrieved November 22, 2021, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=mHorEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA11&dq=Pada+dewasa+ini+banyak+masalah+yang+timbul+lebih+cepat.+Sebelum+kita+dapat+mengidentifikasi+masalah+itu,+yang+pasti+tampak+cara+untuk+memperoleh+kejelasan+dan+hal+ini+tidak+dapat

Fauzi, A., & Nikmatullah, C. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah Di Kota Serang Implementation Of Islamic Education In Serang city. Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2).

Hartati, I. N. dan S. H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial & Pendidikan. MEDIA SAHABAT CENDEKIA, 1–280. https://books.google.co.id/books?id=tretDwAAQBAJ

Minsih, M., & D, A. G. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27. https://doi.org/10.23917/PPD.V1I1.6144

Nizah, N. (2016). DINAMIKA MADRASAH DINIYAH: SUATU TINJAUAN HISTORIS. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1). https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V11I1.810

Peningkatan, M., Pendidikan, M., Fadhli, M., Kunci, K., Mutu, P., & Pendidikan, M. M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240. https://doi.org/10.29240/JSMP.V1I2.295

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.).

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/JPPI.V7I1.357

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Ahmad, B. (2021). PENILAIAN HASIL BELAJAR DI MDTA DARUL HADHARAH. Jurnal Mahasiswa Al-Ishlah, 1(2), 1–9. Retrieved from https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id/index.php/jurmalah/article/view/52