LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PRAKTEK MENGAJAR PAI BERBASIS COVID 19 DI SMP IT ALISHLAH BONDOWOSO TAHUN AKADEMIK 2021

Authors

  • Yudi Ardian Rahman STIT Al-Ishlah Bondowoso
  • Nur Laila STIT Al-Ishlah Bondowoso
  • Emilia STIT Al-Ishlah Bondowoso
  • Komariyatul Mahmuda STIT Al-Ishlah Bondowoso
  • Muhammad Rofiq STIT Al-Ishlah Bondowoso
  • Husnul Hotimah STIT Al-Ishlah Bondowoso
  • AH. Mursyid STIT Al-Ishlah Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.58883/judika.v1i2.83

Keywords:

Pembelajaran Versi covid 19, Kuliah Kerja Nyata, Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso

Abstract

Munculnya pandemi selama hampir 1,5 tahun terakhir ini telah banyak menyita perhatian masyarakat, sehingga mengharuskan masyarakat mengubah pola hidup baru (New Normal). Covid-19 telah banyak mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya dalam hal pedidikan. Pendidikan aspek penting dalam kehidupan, kegiatan belajar mengajar dalam pendidikan yang biasanya dilakukan dengan interaksi langsung antara pendidik dan peserta didik, dalam era Covid-19 memaksa kegiatan belajar mengajar tersebut dilakukan secara virtual (daring). Dengan mengacu kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Maka, melihat kondisi yang demikian menyebabkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) diterapkan secara Internal dimana letak lokasinya adalah Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso.

 

References

Abidin, Z. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literatur, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37– 52.http://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10736

Arifa, Fierka Nurul (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revivi. Rineka Cipta.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemi in Georgia. Modestum, 5(4), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/pr/7937

Cheng, X. (2020). School’s Out, But Class’s On. Sci Insigt Edu Front, 5(2), 501– 516. Degeng, & Sudama, I. N. (1989). Ilmu Pengajaran Takstonomi Variabel. Depdikbud.

Dermawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Djohar. (2006). Guru, Pendidikan dan Pembinaannya (Penerapannya dalam Pendidikan dan Undang-Undang Guru). Sinar Grafika.

El-Seoud, M. S. A., Taj-Eddin, I. A., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., & Nosseir, A. (2009). E-Learning and Students’ Motivation: A Research Study on the Effect of E-Learning on Higher Education. iJET.

Eveline. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Finch & Crunkilton. (1992). Curriculum Development Invocational and Technical Education. Polytechnic Institute and State University. Firman, Sari Rahayu Rahman (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.

Indonesian Journal of Educational Science (IJES),.

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemi Period. Indonesian Journal of Teacher Edukation.

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

Rahman, Y. A., Laila, N. ., Emilia, Mahmuda, K. ., Rofiq , M. ., Hotimah , H. ., & AH. Mursyid. (2021). LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT: PRAKTEK MENGAJAR PAI BERBASIS COVID 19 DI SMP IT ALISHLAH BONDOWOSO TAHUN AKADEMIK 2021 . Dedikasi Akademika, 1(2), 1–27. https://doi.org/10.58883/judika.v1i2.83

Most read articles by the same author(s)