PRAKTEK MENGAJAR DI KULLIYATUL MUBALIGHYN (KMI) PONDOK PESANTREN AL ISHLAH BONDOWOSO

Authors

  • Arini Sadiyah https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.58883/judika.v1i1.47

Keywords:

Praktek mengajar, kulliyatul mubalighot, KMI

Abstract

Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ishlah Bondowoso berada di dalam komplek Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. Dalam aktivitas akademiknya, mahasiswa STIT Al-Ishlah Bondowoso juga melaksanakan Praktek Pengalaman Lapang (PPL) yang merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang meliputi praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Dalam pelaksanaannya di tengah pandemi Covid-19, STIT Al-Ishlah Bondowoso memilih Kulliyatul Muballighaat Al Islamiyah (KMI) sebagai tempat pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapang (PPL). KMI merupakan lembaga sekolah menengah yang berada di dalam lingkungan pondok pesantren Al Ishlah Bondowoso. KMI didirikan pada tahun 1989 oleh Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. Sebelum melaksanakan program PPL di KMI, mahasiswa terlebih dulu merancang program kegiatan PPL, yaitu: sosialisasi dan koodinasi, observasi kegiatan belajar mengajar dan managerial, diskusi dengan guru dan kepala sekolah, merancang program serta meminta persetujuan koordinator PPL dan dosen pembimbing. Saat proses kegiatan belajar mengajar, banyak problematika yang dihadapi. Salah satu diantaranya yaitu: keterampilanmengelola kelas atau mengkondisikan peserta didik saat mulai jenuh dengan pemaparan materi. Namun dengan segala media pembelajaran yang telah pelajari dan dipersiapkan, permasalahan tersebut dapat diatasi.

References

Dermawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Djohar. (2006). Guru, Pendidikan dan Pembinaannya (Penerapannya dalam Pendidikan dan Undang-Undang Guru). Sinar Grafika.

https://lppm.stkippacitan.ac.id/ppl-2/apa-itu-ppl/

https://stitalishlahbondowoso.ac.id/profil/

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Angkasa.

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Yuma Pustaka

Published

2021-11-26

How to Cite

Sadiyah, A. (2021). PRAKTEK MENGAJAR DI KULLIYATUL MUBALIGHYN (KMI) PONDOK PESANTREN AL ISHLAH BONDOWOSO. Dedikasi Akademika, 1(1). https://doi.org/10.58883/judika.v1i1.47